Tugas Pribadi ke-4

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :
(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)
Jawab:

Normatif knowledge goal: lebih kearah pembangunan budaya yg berbasis knowledge didalam perusahaan yang akan mendukung tercapainya strategic dan operational goal.
Pada normative knowledge goal akan dibangun  suatu kesadaran akan pentingnya budaya berbasis knowledge, yang secara langsung dan tidak langsung akan memberikan manfaat bagi pencapaian tujuan perusahaan. Sehingga perlu pemahaman tentang apa itu knowledge dan kegunaannya didalam perusahaan.

Contoh: pada perusahaan Toyota (TAM) setiap bulannya diadakan pengumpulan ide dan saran dari seluruh karyawannya (diwajibkan), semua ide dan saran tersebut ditampung dan di pelajari/dipahami dan dipilah sesuai dengan tujuan perusahaan. Setiap ide dan saran yang telah diberikan akan memberikan point tersendiri kepada si karyawan. Karyawan yang memberikan ide dan saran yang terbaik akan mendapatkan reward baik berupa penghargaan atau bonus.

Strategic knowledge goal: lebih kearah merumuskan sasaran dan perbaikan serta target (jangka panjang) perusahaan yang akan dicapai secara jelas dari sisi strategis yang berpengaruh kepada posisi perusahaan di pasar.
Dari sisi strategis harus dapat menentukan core knowledge yang dimiliki yang nantinya akan menjadi faktor dasar keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan dengan juga memperhitungkan faktor waktu dalam implementasinya.

Contoh: FedEx, awalnya adalah sebuah perusahaan pengiriman express, kemudian menjadi perusahaan logistic global dan perusahaan pengelola rantai pemasok (supply-chain). Dalam perkembangannya, FedEx selain melakukan investasi yg besar dalam IT, FedEx juga melakukan reorganisasi struktur organisasi, reorganisasi operasi internal, dan menarik pelanggan dengan value-added yg diberikan melalui integrasi IT nya dengan harapan mempermudah FedEx melakukan bisnis dengan seluruh keluarga FedEx .

Operational knowledge goal: lebih kearah pencapaian target operasional (jangka pendek) yang berpengaruh kepada posisi perusahaan di pasar.
Knowledge management (baik itu turunan dari normative dan strategic knowledge goal maupun operational knowledge yg sudah ada) harus dipastikan dapat diimplementasikan pada tingkat operasional dan sesuai dengan tingkatan dimana knowledge tersebut dibuat, sehingga tidak menyimpang dari knowledge goal.

Contoh: FedEx, mengoptimalkan penggunaan IT(internet) untuk mengoptimalkan layanan supply-chain kepada pelanggannya, dimana kegiatan operasional dipermudah dengan adanya integrasi IT kedalam sistemnya.
Selain itu juga memiliki alat angkut/transportasi milik sendiri sehingga mampu melakukan transaksi dengan skala yg lebih besar dari perusahaan sejenis lainnya.

2. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition
Jawab:

Knowledge Identification: mengidentifikasi knowledge yang sudah dimiliki perusahaan dengan melihat siapa yg akan meggunakan knowledge tersebut, untuk apa knowledge tersebut digunakan dan apa isi dari knowledge tersebut. Hal ini merupakan awal dari pembangunan dan pengembangan knowledge management.
Contoh: pada rapat kerja tahunan yang dilakukan oleh perusahaan setiap tahunnya, dilakukan identifikasi knowledge dan menentukan apakah knowledge tersebut baik untuk di kembangkan atau tidak.

Knowledge Acquisition: melihat knowledge yang belum dimiliki yang ada diluar perusahaan tetapi berguna untuk perusahaan dalam pencapaian knowledge goal, kemudian mengadopsinya dengan menyesuaikan pada system yang sudah ada pada perusahaan
Contoh: sebuah perusahaan mempekerjakan seorang ekspert/ consultan dalam melakukan pengembangan knowledge management perusahaan.

Knowledge identification dalam pelaksanaannya lebih kearah internal perusahaan, sedangkan knowledge acquisition lebih kearah eksternal perusahaan (mengadopsi eksternal knowledge)

3. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)
Jawab:

Structural: pendekatan lebih ke struktur organisasi, dimana knowledge terbentuk dari struktur organisasi dan mengidentifikasinya berdasarkan aspek structural.
Contoh: peraturan perusahaan untuk karyawannya, SOP disetiap struktur organisasi, dll.

Activities: pendekatan lebih ke aktifitas orang didalam struktur organisasi, dan lebih rinci dari knowledge yang ada di structural
Contoh: cara seorang marketing menarik pelanggannya, keahlian yang dimiliki seorang audit akuntan dalam mengaudit keuangan perusahaan, dll.

Behavior: pendekatan lebih kearah budaya organisasi, dimana budaya terbebut mendukung perkembangan knowledge didalam organisasi
Contoh: rapat kerja tahunan (raker), budaya disiplin, professional dan bertanggung jawab, dll.

4. Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification
Jawab:

Dengan adanya knowledge goal maka sudah ditentukan goal yang akan dicapai. Kemudian berdasarkan goal tersebut dilakukan knowledge identification untuk menemukan knowledge/core knowledge yang dapat digunakan untuk mencapai goal tersebut. Dengan knowledge yang sudah diidentifikasi (struktur,activities,behavioral) maka akan menciptakan inovasi dan kompetensi pasar dan dapat mempercepat laju pertumbuhan perusahaan di pasar.

5. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.

Jawab:
Apa itu knowledge map ?
Knowledge map adalah cara pemetaan knowledge didalam perusahaan/organisasi berdasarkan keahlian yang dimiliki perorangan atau team, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pengelolaan knowledge didalam perusahaan/organisasi. Knowledge map juga membantu dalam knowledge identification.

berikan contohnya ?
Contoh: dalam menentukan project leader, penempatan karyawan sesuai keahlian, dll.

Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya?
Tergantung pada kebutuhan dan tujuan perusahaan pada saat itu. Bisa saja perusahaan sedang fokus pada salah satu tipe knowledge atau bahkan ketiga tiganya (structural,ativities,behavior). Karena knowledge map dilakukan untuk memetakan semua keahlian karyawan yang dibutuhkan perusahaan dan lebih kearah tingkat kualitas keahlian/knowledge karyawan bukan jenis knowledge-nya.