Ketika Konsumen Menjadi Inovator (Forum Nokia Developer Community)

1218011p

Di dalam artikel yang berjudul “Ketika Konsumen Menjadi Inovator”, diceritakan bahwa Nokia melalui Forum Nokia Developers Community (www.forum.nokia.com), melibatkan pelanggan antusiasnya untuk mengembangkan produknya. Didalam forum ini tergabung komunitas developer Nokia dari seluruh dunia (Amerika, Eropa, Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika) dengan jumlah anggota mencapai sekitar 4 juta programmer.

Nokia membuka diri dan memberikan perangkat-perangkat yang dibutuhkan oleh komunitas developer tersebut agar mereka dapat mengembangkan dan menyempurnakan teknologi dan fitur-fitur yang dikembangkan Nokia. Forum ini menjadi wadah bagi para anggota komunitas untuk bisa berdiskusi, berbagi pengetahuan dan pengalaman, dan mengekspresikan kemampuan memprogram perangkat lunak aplikasi untuk Nokia.

Secara periodik Forum Nokia juga menggelar acara yang melibatkan pelanggannya untuk merancang produk-produk masa depan Nokia. Acaranya bisa saja dalam bentuk event yang eksperiensial, konferensi (terakhir dilakukan di India pada tahun 2009), kompetisi atau kontes.

—————————————————————————————————

Berikut pendapat saya tentang KM yang menyangkut artikel diatas

Tipe Expert Transfer sangat menonjol di dalam forum ini karena masing masing anggota komunitas saling berbagi masalah dan solusi, dan orang yang memberikan solusi bisa dikatakan sebagai expert atau pakar.

Didalam Forum Nokia Developers Community juga terjadi 3 model transfer knowledge, yaitu Externalization(Tacit to Explicit), Combination(Explicit to new Explicit) dan Internalization(Explicit to Tacit). Sedangkan Socialization(Tacit to Tacit) tidak terlihat didalam karena umumnya dilakukan diluar dari Forum Nokia Developers Community.

Model konsep KM juga terlihat si Forum ini, dimana didalam forum ini ada 3 unsur utama yang dibutuhkan untuk membangun  model konsep KM, yaitu People, Process dan Technology. ‘People’ adalah anggota komunitas itu sendiri, budaya sharing di dalam forum, dll. ‘Process’ adalah kegiatan atau proses yang dilakukan para developer/anggota komunitas untuk memindahkan knowledge dari ‘People’ ke ‘Technology’, mulai dari mengidentifikasi, membangun, menyebarkan, menggunakan, mengevaluasi hingga memelihara dan melakukan perbaikan atau pengembangan. ‘Technology’ adalah forum itu sendiri berserta fasilitasnya.

Dari ke enam proses inti dari KM, didalam Forum Nokia Developers Community lebih kearah  Development dan Sharing/Distribution. Setiap anggota komunitas melakukan sharing knowledge/ide satu sama lain dan dengan sharing tersebut masing masing anggota komunitas bisa melakukan pengembangan  knowledge/ide dalam menemukan inovasi knowledge/ide yang baru.

Secara tidak langsung, melalui Forum ini Nokia membangun rasa memiliki pada para anggota komunitas, karena ide-ide dan knowledge yang digunakan untuk inovasi produk berasal dari mereka sendiri. Di satu sisi, inovasi produk yang dihasilkan juga tidak jauh dari harapan konsumennya karena ide inovasi tersebut juga datang dari konsumen Nokia yang bergabung di Forum Nokia Developers Community.

Masalah yang mungkin dihadapi Nokia dalam forum ini adalah masalah budaya, karena para developer/anggota komunitas berasal hampir dari seluruh dunia (Amerika, Eropa, Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika) yang pastinya memiliki selera, cara pandang, bahasa dan kultur yang berbeda. Untuk itu perlu dilakukan penyelarasan dan adaptasi untuk menghindari salah paham dalam kegiatan sharing dan development di dalam forum.
Dengan adanya Forum Nokia Developers Community diharapkan terciptanya Continuous Innovation (inovasi berkelanjutan) sehingga Nokia memiliki keunggulan kompetitif untuk bersaing.

Maka bisa disimpulkan bahwa dengan adanya Forum Nokia Developers Community, Nokia mencoba memanfaatkan komunitasnya untuk menjadi unit R&D (Resource & Development) atau menjadi think tank, dan menjadi sumber ide pengembangan produk.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/11/09/08184872/ketika.konsumen.menjadi.inovator