Binus University Online Learning

binus

Pemanfaatan internet untuk mendukung program belajar mengajar, sudah mulai dilaksanakan di lingkungan BINUS UNIVERSITY sejak tahun 1998. Pada awalnya, media internet hanya digunakan sebagai media komunikasi(e-mail) dan di tahun ini BINUS UNIVERSITY meluncurkan e-Layanan untuk mahasiswa dan dosen. Kemudian secara pasti, BINUS UNIVERSITY mengubah proses pembelajarannya dengan menggunakan berbagai macam jalur belajar, yang kita sebut dengan Multi Channel Learning (MCL). Dengan MCL kita mengubah metode pembelajaran menjadi Student Centered Learning. Metode MCL terbagi menjadi 3 aspek yaitu perkuliahan tatap muka dengan dosen, online learning, dan persiapan belajar di luar kelas (self study). Dari survei terhadap mahasiswa yang mengambil perkuliahan MCL, terlihat bahwa mahasiswa menjadi lebih matang dalam belajar dan dapat mengatur sendiri jadwal belajarnya.

Pada tahun 2002, BINUS UNIVERSITY telah mulai merintis dan menawarkan program e-Manajemen yang dilaksanakan secara online learning, dan pada tahun 2005 BINUS UNIVERSITY membentuk e-Learning Center (ELC) yang kemudian berubah nama menjadi Excellent Center in E-Learning (XCEL) dengan tujuan untuk mengimplementasikan program Online Learning dengan kualitas yang dapat dibanggakan.

Pada tahun 2008 ini, BINUS UNIVERSITY mulai menawarkan program Online Learning bagi masyarakat yang memiliki kendala untuk mengikuti perkuliahan secara regular. Dengan menawarkan Fleksibilitas melalui metode belajar yang tidak terikat dengan tempat dan waktu namun tetap fokus  sehingga menjamin kualitas lulusan program Online Learning ini akan sama dengan lulusan yang berkuliah secara regular. Program Online Learning ini meliputi jurusan Manajemen Marketing, Akuntansi, dan Sistem Informasi. Ke depan, BINUS UNIVERSITY Online Learning akan menawarkan lebih banyak lagi program studi yang dapat diikuti oleh masyarakat umum.
Sistem Pembelajaran BINUS ONLINE LEARNING

* Pembelajaran online yang interaktif oleh mahasiswa dengan seluruh dosen pengajar dan dosen praktisi berlangsung intensif.

* Forum diskusi dilakukan secara online dirancang khusus untuk interaksi virtual mahasiswa dengan kelompok kerja dan seluruh dosen.

* Pemberian materi kuliah dan pengumpulan tugas-tugas dilakukan dengan sangat fleksibel melalui akses online oleh setiap mahasiswa.

* Pembahasan case study melalui pertemuan tatap muka dan pelaksanaan ujian dilaksanakan dalam minggu terakhir di setiap akhir periode perkuliahan.

* Seluruh proses belajar-mengajar didukung oleh fasilitas modern berupa Netbook, Integrated Learning Management System dan Digital Library.

sumber: http://sahabatedukasi.blogspot.com/2009/11/e-learning-di-universitas_13.html
======================================================

BINUS UNIVERSITY adalah sebuah lembaga pendidikan berbasis teknologi informasi yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) bagi para mahasiswa. Sejak tahun 2001, BINUS University menerapkan sistem pembelajaran multi channel learning dengan menggunakan Learning Management System (LMS) yang dibangun sendiri dinamakan BINUSMAYA. Ratusan digital konten matakuliah telah dibuat dan disediakan untuk melayani sekitar 24.000 mahasiswa aktif setiap semesternya.

Dengan pengalaman dan bekal yang dimilikinya, BINUS UNIVERSITY menyiapkan dan menyelenggarakan BINUS Online Learning, pembelajaran melalui website www.online.binus.edu dan www.online.binus.ac.id sebagai media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu.

Metode ini sangat cocok untuk mahasiswa yang saat ini juga berstatus sebagai perkerja professional dan wiraswasta bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terhambat dengan waktu dan tempat. Aktifitas belajar dirancang untuk fokus pada karakteristik mahasiswa dan untuk  mendapatkan hasil yang berkualitas dengan bimbingan dosen akademisi maupun praktisi yang berpengalaman, menjadikan BINUS Online Learning dapat mempercepat karir mahasiswa.

sumber: http://online.binus.ac.id/INFORMATION.ABOUT/BINUS.ONLINE.LEARNING/English
http://online.binus.ac.id/INFORMATION.ABOUT/BINUS.ONLINE.LEARNING.Uniqueness/English
http://online.binus.ac.id/INFORMATION.ABOUT/Learning.Methods/English
http://online.binus.ac.id/INFORMATION.ABOUT/Facilities.and.Support/English
http://online.binus.ac.id/INFORMATION.ABOUT/FAQ/English

======================================================

Saya akan mencoba membahas dari sisi Sharing and Distributing Knowledge.

Dalam kegiatan belajar mengajar sudah pasti terjadi proses pemindahan ilmu/pengetahuan baik itu dari dosen/pengajar ke penerima/siswa atau antar sesama penerima/siswa. Untuk mewujudkan proses belajar mengajar tersebut harus dilakukan sharing dan distribusi ilmu/pengetahuan. Untuk itu perlu ditanamkan pemahaman kepada seluruh anggota kegiatan belajar mengajar tentang pentingnya sharing dan distribusi ilmu/pengetahuan.

Binus Online Learning menggunakan media internet sebagai alat/media untuk kegiatan belajar mengajarnya,  secara umum orang berpendapat bahwa metode online learning tersebut bisa sangat efektif terutama untuk orang/mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu dan ruang.

Infrastruktur yang digunakan sudah memadai dan dapat dilakukan dengan akses yang mudah, seperti penggunaan format XML untuk transfer informasi, penyediaan netbook untuk setiap mahasiswa baru, penggunaan forum diskusi online untuk kegiatan belajar mengajar, dan fasilitas internet gratis(hot spot) di lingkungan Binus University, Integrated Learning Management System (offline dan online) dan Digital Library.

Kegiatan sharing dan distribusi pengetahuan lebih terlihat jelas pada penggunaan forum diskusi online. Masalah yang mungkin sering dihadapi adalah kehilangan arah dan tujuan utama dari kegiatan sharing tersebut, tetapi hal ini biasanya bisa diatasi oleh pembimbing/dosen terkait dengan lebih interaktif dan memberi clue atau petunjuk kepada mahasiswa dan dengan memberikan materi kuliah yang akan dibahas.

Masalah lain yang sering terjadi adalah masalah budaya internet. Tidak semua mahasiswa baru terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar yang bersifat maya seperti forum diskusi online, digital library dan materi online. Tetapi seiring berjalannya waktu, mahasiswa tersebut akan menjadi terbiasa dengan budaya internet tersebut karena keaktifannya di kegiatan belajar mengajar online.

Dengan adanya forum diskusi online, kualitas pemahaman dan penalaran setiap mahasiswa menjadi lebih baik dari pada melakukan tatap muka karena mahasiswa tidak dibatasi oleh waktu dan ruang, dan setiap mahasiswa

biasanya terlebih dahulu untuk memahami materi yang sedang dibahas sehingga mahasiswa sudah memiliki pemahaman mendasar tentang materi. Tidak seperti pada kuliah tatap muka (regular), mahasiswa biasanya sudah kelelahan karena baru pulang kerja, atau sedang tidak “mood” untuk megikuti kuliah. Dari segi efisiensi waktu juga terbukti efektif, karena tidak terikat oleh waktu, sehingga akan lebih hemat waktu.

Dengan  efeisiensi waktu dan peningkatan kualitas tersebut, maka akan memberi manfaat langsung pada kegiatan belajar mengajar di Binus Online Learning.