SDM Management di Departemen Keuangan (Depkeu)

DepkeuLogo

KOMPAS.com — Kemajuan teknologi telah membuat mudah hidup manusia, semua seperti jadi satu atau terintegrasi. Teknologi yang makin canggih itu pun telah merambah ke berbagai aspek, salah satunya adalah dalam sistem kepegawaian yang dilakukan oleh Departemen Keuangan (Depkeu).

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau SIMPEG adalah sistem yang akan difungsikan sebagai sistem yang akan mengintegrasikan semua data tentang kepegawaian. Sistem ini sebenarnya mulai dikembangkan pada

tahun 1982, tetapi sempat mengalami stagnasi. Momen demokrasi birokrasi yang digulirkan oleh Departemen Keuangan adalah momen yang tepat menghidupkan dan lebih mengembangkan SIMPEG menjadi lebih sempurna.

Tahun 2007 merupakan tahun awal SIMPEG mulai disempurnakan.  Rencananya, SIMPEG akan memuat semua data dari masing-masing pegawai, seperti modul-modul yang berisi tanggal pertama masuk, info cuti, kenaikan  pangkat, mutasi hingga pensiun. Dalam satu atau dua tahun ke depan SIMPEG akan diintegrasikan pula dengan assessment center.

Secara resmi pengintegrasian SIMPEG meliputi kegiatan, seperti pembenahan SOP pertukaran data, penerapan standardisasi pengkodean database kepegawaian untuk memudahkan pertukaran data antarunit, penerapan pelaporan data dari unit kerja eselon I ke Sekretariat Jenderal, pengembangan aplikasi baru SIMPEGTM, pengembangan sistem aplikasi assessment center, dan yang terakhir pengintegrasian SIMPEG bertujuan meningkatkan pelayanan pemberian informasi SDM yang akurat dan cepat, serta menunjang bisnis proses pembinaan SDM. (mulk)

======================================================

Saya akan membahas dari sisi Measuring and Evaluating KM

Diceritakan diatas bahwa untuk mengingkatkan kualitas layanan, Depkeu menggunakan SIMPEG sebagai tools untuk memanage pegawainya. Simpeg juga di dukung oleh penggunaan Assessment Center. Dengan sistem yang  terintegrasi ini, Depkeu berharap akan mengingkatkan pencapaian tujuannya (KM Goals), yaitu penataan organisasi, penyempurnaan proses bisnis serta peningkatan disiplin dan manajemen SDM.

Melalui penggunaan SIMPEG dan Assessment Center, Depkeu melakukan pembenahan SOP, pembenahan database pegawai, dan memperoleh informasi kompetensi pegawai dilingkungan Depkeu. Ketiga hal tersebut akan  menjadi dasar untuk melakukan evaluasi setiap pegawainya.

Dalam Assessment Center, Depkeu memiliki beberapa ukuran standar, yaitu: penggunaan kamus kompetensi, standar kompetensi jabatan, metode dan alat ukur, dan profil kompetensi. Secara garis besar, ukuran standar yang ditetapkan tersebut sudah sejalan dengan KM Goals yang dimiliki. Hal ini terlihat dari meningkatnya kualitas layanan seperti “Program Layanan Unggulan Depkeu”.

Dalam penataan organisasi Depkeu juga lebih memilih langkah pembenahan dan pembangunan kelembagaan yang terarah dan pro publik.

Untuk mencapai KM Goal secara sempurna memang harus melakukan Measuring and Evaluating KM yang tepat, apabila ukuran yang ditetapkan tidak sesuai dengan KM Goal makan hasil yang didapat akan menyimpang. Bisa saja untuk mencapai KM Goal dibutuhkan waktu yang cukup lama. contoh pada Depkeu, seperti: memulai proses organization reinventing sejak 2002, melakukan penajaman fungsi Biro Sumber Daya Manusia sebagai unit  pengelolaan dan pembinaan kepegawaian sejak akhir 2006, dan menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) dengan semboyan ‘Pasti Waktu, Pasti Biaya, Pasti Syarat Administrasi’ sejak 2008.

Kesimpulannya, ukuran yang digunakan untuk melakukan evaluasi harus sesuai/sejalan dengan KM Goals yang dimiliki.

sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/09/09/21424715/SIMPEG:.Lengkap..Simpel..dan.Terpadu

sumber pendukung:
– http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/07/03/13244512/.quot.Assessment.Center.quot..dan.Pengelolaan.SDM.Depkeu./all
– http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/06/29/10101793/Penataan.Organisasi..Dari.Modernisasi.hingga.Penajaman.Fungsi/all
– http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/09/07/1630376/Apa.Itu.Depkeu..quot.Wide.quot../all
– http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/06/12/17202018/Penataan.Organisasi..Pilar.Pertama.Reformasi.Birokrasi
– http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/06/17/10103140/Lebih.Cepat.dengan.Program.Layanan.Unggulan.Depkeu/all